Lights Of Heaven - AppStarting

Pages

ISI BLOG

Menginstal Skin/Theme Baru Pada Nokia 9300 dan 9500

Senin, 08 Maret 2010

PENDAHULUAN


Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman saya selama menggunakan Nokia 9300. Sebelum membuat skin-mu sendiri, backup dulu semua data yang ada dalam smartphone-mu untuk jaga-jaga jika ada kesalahan nantinya. Saya tidak bertanggungjawab jika dalam praktek artikel ini kamu kehilangan data karenanya, itu resiko masing-masing, bukan?..


Kamu mungkin tahu, untuk beberapa jenis smartphone keluaran Nokia, skin dan pilihan warna yang ada sangat terbatas dan kurang variatif, tapi kamu, bagusnya, bisa mengganti skin/theme tersebut sesuai yang kamu inginkan, dan untuk itulah artikel semacam ini sengaja saya buat.


Dalam artikel ini, istilah “skinning” mennjelaskan tentang cara mengubah tampilan desktop sehingga tampilannya menjadi lain. Tampilan dasar dari smartphone Seri 80 itupun sendiri adalah sebuah skin/theme. Masalahnya, smartphone tersebut tidak dilengkapi informasi tentang cara mengubah skin/theme itu sendiri.

YANG PERLU KAMU TAHU SEBELUMNYA

Untuk smartphone, semua data tentang skin/theme disimpan dalam drive Z: (yang tentu saja tidak kelihatan dalam device-nya). Namun pada Series 80, kamu bisa menggunakan emulator Software Development Kit (SDK) untuk bisa mereviewnya. Skin standar Nokia berisi 11 file-file gambar (file MBM), yang masing-masing file MBM tersebut berisi hampir sekitar 250 gambar yang terpisah. Selain itu, terdapat 2 file SKE yang berisi informasi gambar untuk aplikasi perpesanan, dan sebuah file SKN berisi informasi lokasi file-file MBM tersebut, font-font mana yang digunakan, dan warna yang ditampilkan.

File .ZIP yang kamu download melalui artikel ini berisi semua file yang kamu perlukan untuk menginstal sebuah skin/theme baru. Cara menginstal skin-nya dengan menyalin file “skinpath.txt” ke direktori C:\system\data\skinconfig.

INGAT: jangan mengedit file ini pada Notepad atau aplikasi editor teks lainnya pada
smartphone-mu karena itu tidak akan berhasil.

Setelah menyalin file “skinpath.txt” tersebut, taruh isi folder “Skins” (yang ada dalam file zip) ke dalam C:\System\Skins\.

File-file yang ada dalam folder C:\system\skins\0x101F8EDB\ berisi semua data tentang skin/theme barumu tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar