Lights Of Heaven - AppStarting

Pages

ISI BLOG

Imdisk Virtual Disk Driver

Senin, 11 Juli 2011
ImDisk adalah driver virtual disk untuk Windows NT/2000/XP/2003/Vista/2008.  Dengan ImDisk, Anda bisa membuat virtual hardisk, floppy atau drive CD/DVD dengan menggunakan file2 image atau memori sistem. Paket instalannya mampu menginstal sebuah program kontrol console-mode yang disebut dengan imdisk.exe dan sebuah applet di Control Panel. Setelah instalasi, ketik imdisk tanpa parameter apa-apa untuk mengetahui petunjuk syntaks-nya atau bisa juga dengan klik ganda icon ImDisk di Control Panel Windows. ImDisk juga akan membuatkan sebuag item menu di konteks Windows Explorer jadi bisa dengan mudah klik kanan sebuah file dan me-mount-nya  sebagai virtual disk drive. Driver, service dan program kontrolnya bisa diuninstal lewat applet Add/Remove Programs di Control Panel Windows dan tidak perlu merestart komputer untuk menginstal atau menghapusnya.


Download Imdisk

Author Site

Imdisk Forum

Fitur-fitur Utama:

* ImDisk bisa digunakan untuk mount file sebagai partisi virtual hardisk, virtual floppy drive atau virtual CD/DVD-ROM drive. Driver All in one.



ImDisk juga bisa dipakai untuk membuat image iso CD/DVD Drive dan image Hardisk dan Floppy Drive.



* Bisa digunakan untuk membuat virtual memory daripada sebagai file-file 'fisik' sebagai virtual disk storage.

* Driver ImDisk bisa menggunakan virtual memory sebagai tempat penyimpanan (storage) seperti dijelaskan diatas dipre-load yang isinya file image disk. Nantinya file image disk tersebut akan diclose dan tidak akan dimodifikasi, semua perubahan oleh ImDisk cuma akan ditulis di virtual memory saja.

* ImDisk juga memiliki mode service user yang bisa digunakan untuk proses redirect request I/O ke komputer alain di jaringan. Komputer yang merequest I/O tersebut mesti menjalankan tool 'devio' yang sudah ada dalam paket ImDisk. Tool devio itu juga sudah dicompile dan dites di OS FreeBSD dan Windows jadi memungkinkan Anda untuk boot ke sistem FreeBSD LiveCD dan tinggal menjalankan tool devio di salah satu partisi hardisk anda. Partisi itu nantinya akan di-mount dari sistem lain di jaringan yang sudah terinstal ImDisk.


* Bisa merubah setting  ImDisk Virtual Disk Driver jadi bekerjanya seperti proses boot biasa dan otomatis membuat satu atau lebih virtual disk dan meloadnya dengan isi file-file image disk.
 
Khusus untuk pengguna  Windows Vista, Windows Server 2008 dan Windows 7 32-bit dan 64-bit;

Di Vista dan Server 2008 anda mesti mematikan fitur User Access Control (UAC) atau menginstal driver ImDisk agar bisa auto-load di startup Windows.  Disarankan untuk setting driver ImDisk agar auto-start dengan menggunakan Command Prompt:
sc config imdisk start= auto
atau

Atur driver ImDisk  agar auto-load dari interface GUI-nya: Buka Device Manager >> View >> Show hidden devices. Dibawah tab “Non-plug-and-play devices”, klik kanan ImDisk Virtual Disk Driver lalu pilih Properties. Di tab “Driver”, ganti start type menjadi Automatic.

1 komentar:

Hamami InkaZo at: 31 Agustus 2013 pukul 07.56 mengatakan...

Nice information. Here is I search for so far. Thanks a lot for ur sharing.

Posting Komentar